Rabu, 18 Juli 2012

Kebiasaan yang Merusak Gigi Anda

Gigi yang sehat dan rapi tentunya menjadi dambaan bagi orang. Anda ketika tertawa tidak perlu menutup mulut hanya untuk menghindari gigi Anda yang rasanya tidak nyaman dilihat. Gigi ompong dan rusak menjadi sensasi tersendiri bagi diri Anda.
Disini ada hal yang perlu Anda ketahaui tentang faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya gigi Anda
altMenggigit Es
Sangatlah alami dan juga bebas gula, maka anda berpikir bahwa es tidaklah membahayakan. Tetapi menggigit sesuatu yang keras, seperti es batu dapat menyebabkan keretakan pada gigi anda. Dan jika kebiasaan anda ini menyebabkan iritasi pada jaringan halus di dalam gigi, maka anda akan sering mengalami sakit gigi yang berkelanjutan. Makanan yang panas dan yang dingin dapat memicu sakit gigi yang menyengat dan cepat, ataupun sakit gigi berkepanjangan. Lain kali, jika anda memiliki keinginan untuk menggigit es batu, cobalah untuk mengunyah permen karet tanpa gula.

Botol Menjelang Tidur
Tidak pernah terlalu dini untuk melindungi gigi. Memberikan bayi sebotol jus buah, susu ataupun susu formula, dapat membuat gigi baru berada dalam proses pembusukan. Bayi menjadi terbiasa dengan botol di dalam mulutnya agar dapat tidur, dan anda memberikan gula pada gigi bayi tersebut setiap malam. Sebaiknya usahakan untuk meletakkan botol di luar dari boks bayi.

Permen Pereda Batuk
Hanya karena permen pereda batuk dijual di rak obat bukan berarti ia bagus untuk kesehatan. Kebanyakan mengandung gula yang tinggi. Jadi setelah meredakan tenggorokan anda dengan permen, ingatlah untuk menggosok gigi. Apakah gula tersebut berasal dari permen pereda batuk ataukah permen biasa, gula akan bereaksi dengan plak lengket yang melapisi gigi anda. Dengan demikian bakteri di plak tersebut akan merubah gula menjadi asam yang akan mengikis email gigi anda. Sehingga akan menyebabkan gigi berlubang.

Permen Karet
Semua makanan yang manis merupakan pemicu kerusakan gigi, tetapi beberapa permen sangatlah enak dan sulit untuk tidak memakannya. Permen karet yang menempel di gigi, mengandung gula dan menyebabkan asam pada email gigi selama beberapa jam. Jika anda tidak dapat lepas dari permen karet dalam hidup anda, makanlah beberapa sebelum makan, daripada dimakan terpisah sebagai snack. Air liur yang diproduksi selama makan, akan membantu membasuh sisa-sisa permen dan asam.

Soda

Permen bukanlah satu satunya kambing hitam ketika kita bebicara mengenai gula tambahan. Soda mengandung 11 sendok makan gula per satu kaleng. Lebih parahnya lagi, soda juga mengandung fosfat dan asam sitrat, yang mengikis habis email gigi. Minuman ringan diet tidak mengandung gula, tetapi mengandung lebih banyak asam yang terkandung dalam pemanis buatan.

Membuka Barang dengan Gigi Anda
Membuka tutup botol atau plastik pembungkus dengan gigi anda mungkin sangatlah mudah, tetapi kebiasaan ini akan membuat gigi goyah. Menggunakan gigi anda sebagai alat pembuka dapat menyebabkan keretakan ataupun gompal. Gunakanlah gunting atau pembuka botol. Intinya, hanya gunakan gigi anda untuk makan, gigi bukanlah alat.

Jus Buah

Jus buah mengandung banyak vitamin dan antioksidan, tetapi sayangnya kebanyakan jus juga mengandung banyak gula. Beberapa jus mengandung kadar gula sebanyak yang terdapat pada soda. Sebagai contohnya, hanya terdapat 10 gram lebih banyak gula dalam soda jeruk daripada jus jeruk. Buah-buahan secara alami manis, jadi carilah jus yang tidak mengandung tambahan gula. Anda dapat juga mengurangi kadar gula dengan menambahkan air ke dalam jus.

Minuman Energi
Tidak diragukan lagi bahwa minuman energi yang dingin sangatlah menyegarkan setelah kita berolahraga. Tetapi minuman ini mengandung gula yang tinggi. Seperti layaknya soda atau permen, minuman energi yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan asam yang merusak email gigi anda. Minum minuman energi secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Cara terbaik untuk tidak mengalami dehidrasi setelah berolah raga adalah dengan minum air bebas gula, bebas kalori.

Keripik Kentang

Bakteri di plak gigi juga akan memecahkan makanan bertepung menjadi asam. Asam ini dapat menyerang gigi dalam waktu 20 menit ke depan – atau lebih lama jika sisa sisa makanan tersebut tersangkut di gigi, atau jika anda sering ngemil. Anda mungkin ingin menggunakan benang gigi setelah makan keripik kentang atau makanan camilan bertepung lainnya yang memiliki kemungkinan untuk tersangkut dalam gigi.

Ngemil yang berlebihan
Mengemil akan menghasilkan air liur yang lebih sedikit dibandingkan dengan makan biasa, meninggalkan sisa sisa makanan di antara gigi anda selama berjam-jam. Jangan ngemil terlalu sering, dan usahakan untuk makan cemilan yang rendah gula dan bertepung – contohnya wortel.

Menggigit Pensil

Apakah anda pernah menggigit pensil anda ketika sedang berkonsentrasi atau bekerja pada satu kasus? Seperti layaknya menggigit es batu, kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi menjadi retak atau gompal. Permen karet tanpa gula dapat menjadi pilihan yang lebih baik ketika anda memiliki dorongan untuk menggigit sesuatu. Gigitan ini akan memicu air liur, yang dapat membuat gigi menjadi lebih kuat dan melindungi asam perusak email gigi.

Minum Kopi
Warna gelap kopi dan tingkat keasaman yang tinggi dapat menyebabkan gigi menguning. Untungnya, hal ini merupakan noda yang paling gampang untuk dibersihkan dengan berbagai metode pemutihan gigi. Konsultasilah dengan dokter gigi anda, jika anda khawatir mengenai warna gigi anda yang berubah.

Merokok
Rokok, sebagaimana juga dengan produk tembakau, dapat menyebabkan noda pada gigi dan menyebabkan gigi rontok karena penyakit pada gusi. Tembakau dapat juga menyebabkan kanker pada mulut, bibir dan juga lidah. Jika anda memikirkan salah satu alasan untuk berhenti merokok, pikirkanlah tentang senyum anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar