Jumat, 23 November 2012

Demensia

Definisi
Demensia adalah penurunan kemampuan mental yang biasanya berkembang secara perlahan, dimana terjadi gangguan ingatan, pikiran, penilaian, dan kemampuan untuk memusatkan perhatian, dan bisa juga terjadi kemunduran kepribadian.
Pada usia muda, demensia bisa terjadi secara mendadak jika cedera hebat, penyakit atau zat-zat racun (misalnya karbonmonoksida) menyebabkan hancurnya sel-sel otak.
Tetapi demensia biasanya timbul secara perlahan dan menyerang diatas usia 60 tahun. Demensia bukan merupakan proses penuaan yang normal. Seiring dengan bertambahnya umur, maka perubahan di dalam otak bisa menyebabkan hilangnya beberapa ingatan (terutama ingatan jangka pendek) dan penurunan beberapa kemampuan belajar.
Lupa pada usia lanjut bukan merupakan pertanda dari demensia atau penyakit Alzheimer stadium awal. Demensia merupakan penurunan kemampuan mental yang lebih serius, yang makin lama makin parah. Pada penuaan normal, seseorang bisa lupa hal-hal yang detail, tetapi penderita demensia bisa lupa akan keseluruhan peristiwa yang baru saja terjadi.

Penyebab
Penyebab utama demensia adalah penyakit Alzheimer, dan serangan stroke yang berturut-turut. Penyebab lain dari demensia adalah penyakit Pick, Parkinson, AIDS, dan penyakit Creutzfeldt-Jakob.

Gejala
Demensia biasanya dimulai secara perlahan dan makin lama makin parah, sehingga pada mulanya keadaan ini tidak disadari.
Terjadi penurunan dalam ingatan, kemampuan untuk mengingat waktu, dan kemampuan untuk mengenali orang, tempat, dan benda.
Penderita memiliki kesulitan dalam menemukan dan menggunakan kata yang tepat dan dalam pemikiran abstrak (misalnya dalam pemakaian angka), juga sering terjadi perubahan kepribadian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar