Kamis, 20 Desember 2012

4M Plus

Musim hujan sudah dimulai. Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap demam berdarah. Program penyuluhan 3M sekarang sudah direvisi menjadi 4M PLUS.
 
Nyamuk yang menularkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk ini biasanya menggigit pada pagi, siang dan sore hari. Ciri-ciri nyamuk ini adalah memiliki corak hitam putih pada kakinya. Nyamuk ini suka hinggap di baju-baju yang digantung serta di tempat-tempat yang gelap. Nyamuk ini berkembang biak pada air tergenang yang dasarnya bukan tanah.

Gejala-gejala penyakit demam berdarah adalah:

  1. Demam tinggi mendadak tanpa sebab yang jelas 3-7 hari
  2. Nyeri otot
  3. Sakit kepala
  4. Sakit ulu hati
  5. Tanda-tanda perdarahan : bintik-bintik merah dikulit, mimisan, perdarahan gusi, muntah darah, berak darah
Pertolongan pertama untuk penyakit demam berdarah dengue adalah dengan banyak minum dan segera berobat ke puskesmas atau RS terdekat. Pencegahan penyakit DBD adalah dengan melakukan 4M Plus. 4M Plus yaitu:

  1. Menguras. Menguras wadah air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung, penampung air kulkas agar telur dan jentik Aedes mati.
  2. Menutup. Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk Aedes tidak dapat masuk dan bertelur.
  3. Mengubur. Mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk Aedes.
  4. Memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat nyamuk Aedes berkembang biak.
Plus :
  • Jangan menggantung baju
  • Memelihara ikan
  • Hindari gigitan nyamuk
  • Membubuhkan abate

2 komentar:

  1. Mohon untuk menuliskan buku referensi tentang revisi 3M menjadi 4M. tmksh

    BalasHapus
  2. Bila kita membuat karya ilmiah/skripsi harus ada referensi, jadi untuk memperkaya referensi sebaiknya ditulis saja buku referensinya apa ya??

    BalasHapus