Kamis, 17 Januari 2013

Kenali Penyakit Kusta Sejak Awal

1. Kenali Kusta
Penyakit kusta adalah penyakit yang menahun dan disebabkan oleh kuman kusta (Mycobacterium leprae) yang menyerang kulit, saraf tepi dan jaringan tubuh lainnya.
Ada 2 jenis penyakit kusta:
a. Kusta kering (Pausi Basiler)
b. Kusta basah (Multi Basiler)







2. Gejala Penyakit Kusta
Gejala awal:
Kelainan kulit berupa bercak putih seperti panu atau bercak kemerahan yang kurang rasa ataupun mati rasa, tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, tidak gatal dan tidak sakit, sehingga penderita sering kali tidak merasa terganggu.

Gejala lanjut:
Ditandai dengan adanya kecacatan pada:
a. Mata: tidak bisa menutup, bahkan sampai buta.
b. Tangan: mati rasa pada telapak tangan, jari-jari Kiting, memendek (absorbsi) dan putus-putus (multilasi), lunglai.
c. Kaki: mati rasa pada telapak kaki, jari-jari Kiting, memendek dan putus-putus, Semper.

Cacat kusta terjadi karena kuman kusta yang menyerang saraf pada penderita terlambat diobati.

3. Penularan
Tidak semua orang dapat tertular penyakit kusta, hanya sebagian kecil saja (sekitar 5%) yang dapat tertular. Kondisi tubuh yang lemah memudahkan tertular penyakit kusta.
Penyakit kusta dapat menular dari penderita kusta tipe basah yang tidak diobati. Penularan dapat terjadi melalui pernapasan dalam waktu yang lama.
Penyakit kusta hanya mengenai seseorang yang kondisi/kekebalan tubuhnya lemah dan kontak yang lama dengan penderita kusta tipe basah yang tidak diobati. Oleh karena itu penderita kusta tidak perlu ditakuti atau dikucilkan.

4. Pencegahan
Imunisasi BCG pada bayi membantu mengurangi kemungkinan terkena kusta. Segera berobat ke puskesmas bila mengalami kelainan kulit berupa bercak mati rasa. Cacat kusta dapat dicegah dengan minum obat dan periksa ke puskesmas secara teratur.

5. Pengobatan Kusta
Obat untuk menyembuhkan penyakit kusta dikemas dalam blister (keeping) yang disebut Multi Drug Therapy (MDT). Lama minum obat tergantung dari jenis penyakit kusta. Untuk jenis kusta basah obat harus diminum setiap hari selama 12 bulan. Untuk jenis kusta kering obat harus diminum setiap hari selama 6 bulan.
Obat kusta dapat diambil gratis di puskesmas. Kusta dapat disembuhkan tanpa cacat bila berobat secara dini dan teratur sesuai aturan dan petunjuk dari petugas kesehatan.

Note:
  1.  SEGERA PERIKSA KE PUSKESMAS jika bercak di kulit yang tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, kurang rasa/mati rasa karena kemungkinan tanda awal penyakit kusta.
  2. PERHATIAN jika bercak mati rasa menjadi tebal dan bertambah merah atau bercak bertambah banyak disertai demam dan nyeri sendi SEGERA CARI PERTOLONGAN KE PETUGAS KESEHATAN.
  3. Bercak kulit mati rasa segera ke puskesmas, obat gratis.

Sumber: Unit DOTS Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong




Tidak ada komentar:

Posting Komentar